Munada

(Hlm. 81-84)

  1. Munada adalah isim yang terletak setelah salah satu perangkat dari perangkat-perangkat nida’.

Perangkat-perangkat nida antara lain:

يَا : Untuk semua munada.

Contoh:

يَا نَائِمًا اسْتَيْقِظْ

Wahai yang tidur, bangun!

Hamzah ( أ ) : Untuk munada yang dekat.

Contoh:

أَمُحَمَّدُ أَقْبِلْ

Wahai Muhammad, kemarilah!

أَيْ – هَيَا – أَيَا : Untuk munada yang jauh.

Contoh:

أَيَا نَبِيلُ هَلْ تَسْمَعُنِي

Wahai Nabil, apakah engkau mendengarkanku?

  1. Munada ada dua macam: manshub dan mabni:

a. Munada dimanshubkan apabila sebagai mudhaf, menyerupai mudhaf[1] atau nakirah ghairu maqshudah.

Munada pada keadaan seperti ini dijadikan manshub oleh fi’il yang tersembunyi, yaitu: أَدْعُو (aku menyeru).

Contoh:

يَا عَبْدَ اللهِ

Wahai Abdullah!

(عَبْدَ: Munada manshub dengan fathah karena mudhaf)

يَا مُذِيعِي الأَنْبَاءِ

Wahai para penyiar berita!

(مُذِيعِي : Munada manshub dengan ya’ karena mudhaf)

يَا طَالِعًا جَبَلًا

Wahai pendaki gunung!

(طَالِعًا : Munada manshub dengan fathah karena menyerupai mudhaf)

يَا رَجُلًا خُذْ بِيَدِي

Wahai lelaki siapapun, bimbinglah tanganku!

(رَجُلًا : Munada manshub dengan fathah karena nakirah ghairu maqshudah)

b. Munada dimabnikan atas rafa’[2] apabila berupa ‘alam (nama)[3] atau nakirah maqshudah.

Contoh:

يَا عَلِيُّ

Wahai Ali!

(عَلِيُّ : ‘Alam munada mabni atas dhammah)

يَا بَائِعُ

Wahai penjual!

(بَائِعُ : Nakirah maqshudah mabni atas dhammah)

يَا شُرْطِيَّانِ

Wahai dua polisi!

(شُرْطِيَّانِ : Nakirah maqshudah mabni atas alif karena mutsanna)

يَا قَادِرُونَ

Wahai orang-orang yang mampu!

(قَادِرُونَ : Nakirah maqshudah mabni atas wawu karena jama’ mudzakkar salim)

Catatan:

a. Kita bisa membedakan antara nakirah maqshudah dengan nakirah ghairu maqshudah apabila tergambar bagi kita orang yang meminta tolong. Apabila di depannya ada seseorang dan ia memaksudkan dengan panggilannya kepada orang tersebut, maka ia mengatakan:

يَا رَجُلُ أَنْقِذْنِي

Wahai kamu, selamatkan aku!

Ini adalah nakirah maqshudah.

Apabila di depannya tidak ada seorang pria pun dan ia meminta tolong kepada pria mana pun yang mendengar seruannya, maka ia mengatakan:

 يَا رَجُلًا أَنْقِذْنِي

Wahai siapa pun, tolonglah aku!

Ini adalah nakirah ghairu maqshudah.

b. Perlu diperhatikan apabila ‘alam atau nakirah maqshudah isim mufrad maka dimabnikan atas dhammah dan tidak ditanwin, karena isim mabni tidak ditanwin. Maka kita katakan:

يَا مُحَمَّدُ – يَا عَلِيُّ

Bukan:

يَا مُحَمَّدٌ – يَا عَلِيٌّ

  1. Apabila ingin memanggil isim yang ada ( ال ) maka ada dua cara:

a. Kita datangkan sebelum munada lafadz ( أَيُّهَا ) untuk mudzakkar, lafadz ( أَيَّتُهَا ) untuk muannats.

Kedua lafadz tersebut menjadi munada dan isim setelahnya yang ada ( ال ) marfu’ sebagai sifat.

Contoh:

يَأَيُّهَا المُوَاطِنُونَ

Wahai para warga negara!

(يَا : Huruf nida’ – أَيُّ :  Munada mabni atas dhammah karena nakirah maqshudah, هَا Tambahan – المُوَاطِنُونَ : sifat bagi أَيُّ marfu’ dengan wawu karena jama’ mudzakkar salim)

b. Atau sebelum munada diberi isim isyarah yang sesuai.

Isim isyarah menjadi munada dan isim yang diberi ( ال ) setelahnya marfu’ sebagai sifat.

Contoh:

يَا هَذِهِ الفَتَاةُ

Wahai pemudi ini!

(يَا : Huruf nida’ – هَذِهِ : Munada mabni pada posisi rafa’ –  الفَتَاةُ : Sifat bagi هَذِهِ marfu dengan dhammah)

Dikecualikan dari yang telah lewat, lafadz jalalah ( الله ) , maka kita katakan:

يَأَلله

(Tanpa menyebutkan ( أَيُّهَا ) atau ( هذَا )  )

Kebanyakannya dalam menyeru nama Allah ta’ala memakai ( اللهُمَّ ) dengan mentasydidkan mim sebagai ganti dari huruf nida’.

  1. Terkadang ada munada tetapi huruf nida’nya dihapus.

Contoh:

مُحَمَّدُ أَقْبِلْ

Muhammad, kemari!

Asalnya:

 يَا مُحَمَّدُ أَقْبِلْ

أَيُّهَا المُوَاطِنُونَ

Asalnya:

يَأَيُّهَا المُوَاطِنُونَ

Wahai para warga negara!

سَيِّدَاتِي وَسَادَتِي

Asalnya:

سَيِّدَاتِي وَسَادَتِي يَا

Wahai tuan-tuan dan nyonya-nyonya!

أَبَا الزَّهْرَاءِ قَدْ جَاوَزْتَ قَدْرِي بِمَدْحِكَ

Wahai Abu Zahra, engkau telah melampaui batas dalam memujiku.

Asalnya:

 يَا أَبَا الزَّهْرَاءِ

{ رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوفٌ رَحِيمٌ }

“Wahai Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Pemurah lagi Maha Penyayang” (Al Hasyr: 10)

  1. Apabila munada diidhafahkan kepada ya’ mutakallim boleh menghapus ya’ tersebut dan cukup diganti dengan kasrah.

Contoh:

صَدِيقِ

Wahai temanku!

(Untuk menyeru صَدِيقِي )

يَا ابْنَ عَمِّ

Wahai anak pamanku!

(Untuk menyeru ابْنَ عَمِّي )

{ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا }

“Wahai Tuhanku, tambahkanlah aku ilmu” (Thaha: 114)

Untuk ayah dan ibu bisa digunakan:

يَا أَبِي

يَا أُمِّي

Atau:

يَا أَبَتِ

يَا أُمَّتِ

Atau:

يَا أَبَتَ

يَا أُمَّتَ

Maka ta’ pada keadaan ini sebagai pengganti dari ya’.

  1. Ada 3 bentuk nida yang berkaitan dengan bentuk nida’, yaitu: Nida’ ta’ajjub, nudbah dan tarkhim.

a. Nida’ ta’ajjub adalah salah satu bentuk dari bentuk-bentuk ta’ajjub (kagum) dengan cara nida’.

Contoh:

يَا لَجَمَالِ الطَّبِيعَةِ

Wahai betapa indahnya alam ini.

Uslub ini tersusun dari ) يَا (  huruf nida’ dan ta’ajjub serta munada yang dikagumi yang majrur dengan lam yang difathah.

Boleh juga dikatakan:

يَا جَمَالَ الطَّبِيعَةِ

Ketika bentuknya seperti ini (lafadz setelah huruf nida’) mengambil hukum munada dalam hal i’rab.

b. Mandub adalah pihak yang dikeluhkan (Contoh:

وَا أُمَّاه

Wahai, kasihan ibuku!

Atau mutawajja’ minhu (Contoh:

وَا ظَهْرَاه

Aduh, punggungku!

Uslub nida’ terdiri dari huruf nida’ ) وَا ( dan munada mandub dan akhirnya alif dan ha’ (Contoh:

وَا أَسَفَاه

Wahai, kasihan!

Atau alif saja (Contoh:

وَا أَسَفَا

c. Tarkhim, yaitu menghapus akhir kata dalam nida’.

Contoh:

يَا سُعَا

(Untuk memanggil ) سُعَاد ((

Isim-isim yang boleh ditarkhim adalah:

– Semua isim muannats yang akhirnya ta’ ta’nits.

Contoh:

يَا فَاطِمَ

(Untuk memanggil ) فَاطِمَة ((

– Nama-nama yang terdiri dari empat huruf atau lebih.

Contoh:

يَا جَعْفَ

Untuk memanggil ) جَعْفَر (.

Isim yang ditarkhim boleh dibaca dengan dua cara baca: Membiarkan isim yang telah dihapus sebagaimana sebelum dihapus, sehingga kita katakan:

يَا فَاطِمَ

يَا جَعْفَ

Atau memperlakukan akhir huruf yang telah dibuang sebagaimana ia adalah huruf yang terakhir, mabni atas dhammah, maka kita katakan:

يَا فَاطِمُ

يَا جَعْفُ

[1] Lihat pembahasan Isim Menyerupai Mudhaf.
[2] Atas tanda marfu’nya.
[3] Lihat pembahasa isim ma’rifah pada bab ‘alam.

Tinggalkan Komentar