Hamzah

(Hlm. 85-88)

Hamzah bisa terletak di awal kalimat, di tengah atau di akhir.

Berikut ini kaidah-kaidah bagi semua keadaan tersebut.

1. Hamzah Di Awal Kalimat

Hamzah di awal kalimat ada dua jenis: hamzah qatha’ dan hamzah washal.

Hamzah Qatha’

Hamzah qatha’ adalah setiap hamzah yang tetap diucapkan, baik di awal kalimat atau di sela-sela kalimat.  Hamzah ini ditulis dengan alif mahmuz. Hamzah qatha’ berada di:

  1. Awal fi’il madhi ruba’i, amr dan mashdarnya.

Contoh:

أَنْصَفَ – أَنْصِفْ – إِنْصَافٌ

  1. Awal huruf.

Contoh:

إِنَّ – أَنَّ – إِلَى – أَوْ

(Kecuali ( ال ), hamzahnya washal)

  1. Awal isim.

Contoh:

أَحْمَدُ – إِمَامٌ – أَرْضٌ – أُسْلُوبٌ

(Kecuali اِبنٌ, اِبْنَةٌ, اِمْرُؤٌ, اِمْرَأَةٌ, اِثْنَانِ, اِثْنَتَانِ, اِسْمٌ, ايمُ اللهِ), hamzahnya washal.

Hamzah Washal

Hamzah washal adalah alif yang kosong dari hamzah, ditambahkan pada awal kata untuk memperantarai pengucapan sukun. Hamzah ini diucapkan lafadznya apabila di awal kalimat, dan digugurkan pengucapannya apabila terletak di sela-sela kalimat.

Hamzah washal ada di:

  1. Awal fi’il madhi khumasi, sudasi, amr dan mashdarnya.

Harakatnya kasrah apabila di awal kalimat[1].

Contoh:

اِعْتَادَ – اِعْتَدْ – اِعْتِيَادٌ

(Khumasi)

اِسْتَعَانَ – اِسْتَعِنْ – اِسْتِعَانَةٌ

(Sudasi)

  1. Amr fi’il tsulatsi. Harakatnya kasrah apabila di awal kalimat, kecuali amr tsulatsi yang sebelum terakhirnya dhammah, maka harakatnya dhammah.

Contoh:

اِسْمَعْ – اِعْمَلْ – اِرْمِ – اِرْضَ

اُشْكُرِ – اُذْكُرْ – اُدْخُلْ – اُعْفُ

  1. Huruf ta’rif ( ال ).

Contoh:

اِشْتَهَرَتِ الْخَنْسَاءُ بِالشِّعْرِ

( ال : Hamzahnya hamzah washal)

  1. Isim-isim berikut ini:

اِبنٌ – اِبْنَةٌ – اِمْرُؤٌ – اِمْرَأَةٌ – اِثْنَانِ – اِثْنَتَانِ – اِسْمٌ – اَيْمُ اللهِ

Anak laki-laki – Anak perempuan – Seseorang – Wanita – Dua laki-laki – Dua perempuan – Nama – Demi Allah.

Catatan:

Apabila hamzah washal didahului oleh kata yang akhirnya sukun, maka huruf terakhir kata tersebut dikasrah untuk mencegah bertemunya dua sukun, kecuali dhamir-dhamir أَنْتُمْ, هُمْ, كُمْ, maka huruf akhirnya didhammahkan[2].

Contoh:

أَشْرَقَتِ الشَّمْسُ

Matahari terbit.

مَنِ اسْتَمْسَكَ بِالْفَضِيلَةِ فَازَ

Barangsiapa berpegang dengan keutamaan maka ia berhasil.

قُلِ الحَقَّ

Katakanlah kebenaran!

( أَشْرَقَتْ, مَنْ dan قُلْ akhirnya dikasrahkan untuk mencegah bertemunya dua sukun)

Contoh:

أُولئِكَ هُمُ الصَالِحُونَ

Mereka adalah orang-orang yang saleh.

أَنْتُمُ الْفَائِزُونَ

Kalianlah yang menang.

قَرَأْتُ كِتَابَكُمُ الْجَدِيدَ

Aku telah membaca kitab kalian yang baru.

2. Hamzah di Tengah

Hamzah di tengah ditulis dengan ya’, apabila:

Dikasrahkah

Contoh:

لَئِيمٌ – جَرَائِمُ – طَائِرَة

Sebelumnya kasrah

Contoh:

بِئْسَ – تَبِئَةٌ – مِئَاتٌ

Sebelumnya ya’sukun

Contoh:

هَنِيئًا – تُضِيئُ – مَرِيئًا

Didhammah dibaca panjang bersambung

Contoh:

مَسْئُولٌ – مَشْئُومٌ – شُئُونٌ

Hamzah di tengah ditulis wawu, apabila:

Didhammah setelah fathah

Contoh:

يَؤُولُ – هؤُلَاء

Didhammah setelah sukun

Contoh:

دَاؤُكَ – سِينَاؤُنَا – ذَكَاؤُهُ

Difathah setelah dhammah

Contoh:

يُؤَجَّلُ – رُؤَسَاءُ – فُؤَادٌ

Disukun setelah dhammah

Contoh:

بُؤْرَةٌ – مُؤْمِنٌ – مُؤْتَمَرٌ

Hamzah di tengah ditulis alif, apabila:

Difathah setelah fathah

Contoh:

مُفَاجَأَةٌ – اِرْتَأَى – كَأَنَّ

Difathah setelah sukun shahih

Contoh:

مَسْأَلَةٌ – فَجْأَةٌ – ظَمْأَى

Disukun setelah fathah

Contoh:

رَأْسٌ – مَأْسَاةٌ – تَأْخِيرٌ

Hamzah di tengah ditulis sendirian, apabila:

Difathah setelah alif

Contoh:

تَفَاءَلَ – كَفَاءَة

Difathah setelah wawu sukun

Contoh:

سَمُوْءَلُ

Dipanjangkan denga dhammah dan tidak mungkin bersambung dengan setelahnya

Contoh:

اِبْدَءُوا

3. Hamzah di Ujung

Hamzah ketika di ujung ditulis:

Di atas alif apabila sebelumnya fathah

Contoh:

يَلْجَأُ – أَسْوَأُ – نَبَأٌ

Di atas ya’ apabila sebelumnya kasrah

Contoh:

نَاشِئٌ – مَلَاجِئُ – شَاطِئٌ

Di atas wawu apabila sebelumnya dhammah

Contoh:

اِمْرُؤٌ – يَجْرَؤُ

Sendirian apabila sebelumnya sukun

Contoh:

جُزْءٌ – دَفْءٌ – عَبْءٌ – إِنْشَاءٌ – صَحْرَاءُ

 

[1] Kecuali pada fi’il madhi majhul, harakatnya dhammah.

[2] Kecuali juga ya’ mutakkalim, maka harakatnya difathah.

Contoh:

سُبْحَانَ رَبّيَ الأَعْلَى

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s